Mochamad Kolbi Nuron_5025231183_EAS PBO A

 Nama : Mochamad Kolbi Nuron

NRP : 5025231183

Kelas : PBO A

EAS PBO 

1. Package library dalam Java adalah kumpulan dari kelas-kelas, antarmuka (interface), dan subpackage yang dikelompokkan dalam sebuah paket (package). Paket ini bertujuan untuk mengorganisasi kode, menghindari konflik nama, dan menyediakan fungsionalitas yang dapat digunakan kembali oleh programmer.

Kegunaan Package Library

  1. Organisasi Kode
    Membantu mengatur kode program ke dalam struktur yang lebih terorganisasi dan modular, sehingga lebih mudah dipahami dan dipelihara.

  2. Menghindari Konflik Nama
    Dengan menggunakan paket, kelas-kelas dengan nama yang sama dapat dibedakan berdasarkan nama paketnya.

  3. Penggunaan Ulang Kode
    Library dalam bentuk paket dapat digunakan kembali oleh berbagai aplikasi, menghemat waktu dan usaha dalam pengembangan perangkat lunak.

  4. Menyediakan Fungsi Siap Pakai
    Java memiliki pustaka bawaan (standard library) yang mencakup paket-paket seperti java.util,java.io,java.net, dll., yang menyediakan berbagai fungsi umum.


Contoh Penggunaan Package Library

import java.util.ArrayList;

public class Main {
    public static void main(String[] args) {
        ArrayList<String> list = new ArrayList<>();
        list.add("Java");
        list.add("Library");
        System.out.println("Isi ArrayList: " + list);
    }
}

Penjelasan:
Di sini,Arraylist diambil dari paket java.util. Dengan import java.util.ArrayList, kita bisa menggunakan kelas ArrayList tanpa harus menuliskan nama lengkapnya.

2. rancangan sederhana untuk aplikasi game "Snake Game" yang dapat dibuat dengan Java. Game ini dirancang menggunakan konsep OOP (Object-Oriented Programming).

1. Tujuan
Membuat sebuah aplikasi game Snake yang interaktif, di mana pemain mengendalikan ular untuk memakan makanan. Setiap kali makanan dimakan, panjang ular bertambah, dan permainan berakhir jika ular menabrak dirinya sendiri atau dinding.

2. Komponen Utama
Model

    -Snake: Objek utama berupa ular yang memiliki posisi, panjang, dan arah.
    -Food: Objek makanan yang ditempatkan di posisi acak di layar.
    -GameState: Status permainan (berjalan, selesai). 

Controller

    -Mengatur logika permainan, seperti pergerakan ular, pengecekan tabrakan, dan interaksi dengan makanan.

View

    -Menggunakan antarmuka grafis untuk menggambar ular, makanan, dan area permainan.
3. Struktur Kelas
Kelas Utama

SnakeGame
    Kelas utama untuk menjalankan permainan. Mengatur tampilan dan inisialisasi game.
    
GamePanel
    Panel permainan yang bertanggung jawab menggambar ular, makanan, dan mengelola input pemain.
    
Snake
    Mengatur logika dan data ular, seperti posisi, panjang, dan pergerakan.

Food
    Mengatur posisi makanan secara acak.

3. Kegunaan Aplikasi SnakeGame
  1. Hiburan
    SnakeGame adalah game klasik yang sederhana namun adiktif. Aplikasi ini dirancang untuk memberikan hiburan kepada pemain dengan gameplay yang mudah dipahami namun menantang.

  2. Latihan Pemrograman
    Aplikasi ini sangat baik untuk melatih konsep dasar pemrograman seperti:

    • Logika Perulangan dan Kondisional: Mengatur pergerakan ular, interaksi dengan makanan, dan pengecekan tabrakan.
    • Grafik Komputer: Menggunakan pustaka seperti javax.swing dan java.awt untuk menggambar objek dan mendeteksi input pemain.
    • Pemrograman Berorientasi Objek (OOP): Membagi aplikasi menjadi kelas-kelas modular seperti Snake, Food, dan GamePanel.
  3. Pengembangan Game Sederhana
    Game ini menjadi dasar bagi pengembangan game yang lebih kompleks, seperti menambahkan elemen grafis, level, atau fitur tambahan seperti rintangan dan mode multiplayer.

  4. Simulasi dan Pembelajaran
    SnakeGame dapat digunakan untuk memperkenalkan algoritma terkait seperti:

    • Algoritma pathfinding (misalnya untuk bot ular).
    • Simulasi ruang dua dimensi.

Ruang Lingkup Aplikasi SnakeGame

  1. Fitur Utama

    • Pergerakan Ular: Pemain dapat mengendalikan ular menggunakan tombol panah pada keyboard.
    • Makanan: Makanan muncul di posisi acak, dan setiap kali ular memakan makanan, ukurannya bertambah.
    • Game Over: Permainan berakhir jika ular menabrak dirinya sendiri atau dinding.
  2. Target Pengguna

    • Pemain Kasual: Orang-orang yang mencari hiburan ringan.
    • Mahasiswa atau Pengembang Pemula: Individu yang ingin belajar membuat game sederhana.
  3. Lingkungan Eksekusi

    • Platform Desktop: Aplikasi ini dirancang untuk berjalan di komputer dengan dukungan Java Runtime Environment (JRE).
  4. Batasan

    • Aplikasi ini sederhana dan tidak mendukung elemen kompleks seperti simulasi fisika, grafik 3D, atau multipemain daring.
    • Tidak kompatibel langsung untuk perangkat mobile tanpa adaptasi.
4. https://github.com/wepeee/SnakeGame/tree/main
5. link ppt: https://www.canva.com/design/DAGY5whSv80/uSibD3vAOlq_BNOrCQGxBw/edit?utm_content=DAGY5whSv80&utm_campaign=designshare&utm_medium=link2&utm_source=sharebutton
6. demo: https://www.youtube.com/watch?v=D4Sw1wvUN7c

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mochamad Kolbi Nuron_5025231183_ETS PBO A

tugas PBOA pengertian dan konsep OOP

Mochamad Kolbi Nuron_5025231183_Tugas PBO 8