tugas PBOA pengertian dan konsep OOP
Tugas pertemuan 2 PBO A
(Pengertian atau Konsep OOP)
- CLASS
Class adalah konsep dasar dalam pemrograman berbasis objek (OOP) yang berfungsi sebagai cetak biru atau blueprint untuk menciptakan objek, membuat pemrogaman menjadi lebih terstruktur dan efisien.
Sebagai contoh sederhana, kita dapat mempertimbangkan class ‘Mobil’ dalam konteks pemrograman. Class ini mungkin memiliki attribute seperti ‘merk’, ‘model’, dan ‘tahun’, serta method seperti ‘start()’ dan ‘stop()’.
- OBJECT
objek pada java adalah sekumpulan software yang terdiri dari variable dan method-method yang terkait. Objek juga merupakan benda nyata yang di buat berdasarkan rancangan yang di definisikan di dalam classObject adalah instance dari class. Jika class secara umum mepresentasikan (template) sebuah object, sebuah instance adalah representasi nyata dari class itu sendiri. Contoh : Dari class Fruit kita dapat membuat object Mangga, Pisang, Apel, dan lain-lain.
- ABSTRACTION
Abstraksi adalah konsep dalam object oriented programming yang bertujuan untuk menyederhanakan kompleksitas sistem dengan menyembunyikan detail-detail teknis yang tidak perlu.
Inti dari abstraksi adalah tentang fokus pada 'apa' yang dilakukan suatu objek atau komponen, bukan 'bagaimana' hal itu dilakukan. Dalam praktiknya, abstraksi membantu programmer mendefinisikan interface menunjukkan operasi yang dapat dilakukan oleh suatu objek, tanpa harus menyertakan detail tentang logika internal atau implementasi di balik operasi tersebut.
Misalnya, ketika menggunakan remote TV, kita hanya perlu tahu cara mengoperasikannya tanpa harus memahami mekanisme internalnya. Dalam OOP, objek menyediakan abstraksi yang menyembunyikan detail implementasi internal. Seperti remote TV, user hanya perlu tahu metode apa dari objek yang tersedia untuk dipanggil dan parameter input apa yang diperlukan untuk memicu operasi tertentu.
- ENCAPSULATION
Dalam Object-Oriented Programming (OOP), encapsulation adalah konsep di mana data (atribut) dan perilaku (metode) dari suatu objek dibungkus atau disatukan dalam satu unit (kelas). Encapsulation juga mengontrol akses terhadap data tersebut dengan cara membatasi akses langsung dari luar kelas dan hanya memungkinkan akses melalui metode yang sudah ditentukan (getter dan setter).
- INHERITANCE
Inheritance dalam pemorgaman, khususnya dalam object oriented programming, adalah suatu mekanisme di mana suatu class dapat mewarisi sifat, metode, dan atribut dari class lain.
Inheritance memungkinkan pembentukan class baru yang dikenal sebagai kelas turunan (subclass) atau kelas anak (child class), untuk mengadopsi atribut dan perilaku class yang sudah ada, disebut kelas induk (parent class) atau kelas dasar (base class).
- POLYMORPHISM
Polymorphism secara bahasa, memiliki makna “banyak bentuk” atau “bermacam-macam”. Dalam beberapa textbook, Polymorphism adalah konsep dimana suatu interface tunggal digunakan pada entity yang berbeda-beda, atau penggunaan suatu symbol tunggal untuk mewakili beberapa jenis tipe entity. Jika dilihat dari sisi teknis pada bahasa pemrograman, Polymorphism adalah menggunakan suatu fungsi atau attribute tertentu dari suatu base class untuk diimplementasikan oleh children class baik secara default maupun dimodifikasi sesuai dengan relevansi yang digunakan oleh masing-masing children class.- OVERLOADING
Overloading (method overloading) dalam Object-Oriented Programming (OOP) adalah konsep di mana kita dapat mendefinisikan beberapa metode dengan nama yang sama di dalam sebuah kelas, tetapi dengan parameter yang berbeda, baik dari segi tipe data, jumlah, atau urutannya. Meskipun nama metode sama, cara kerjanya akan berbeda tergantung pada parameter yang diterima.
Sebagai contoh sederhana, kita dapat mempertimbangkan class ‘Mobil’ dalam konteks pemrograman. Class ini mungkin memiliki attribute seperti ‘merk’, ‘model’, dan ‘tahun’, serta method seperti ‘start()’ dan ‘stop()’.
- OBJECT
- ABSTRACTION
Abstraksi adalah konsep dalam object oriented programming yang bertujuan untuk menyederhanakan kompleksitas sistem dengan menyembunyikan detail-detail teknis yang tidak perlu.
Inti dari abstraksi adalah tentang fokus pada 'apa' yang dilakukan suatu objek atau komponen, bukan 'bagaimana' hal itu dilakukan. Dalam praktiknya, abstraksi membantu programmer mendefinisikan interface menunjukkan operasi yang dapat dilakukan oleh suatu objek, tanpa harus menyertakan detail tentang logika internal atau implementasi di balik operasi tersebut.
Misalnya, ketika menggunakan remote TV, kita hanya perlu tahu cara mengoperasikannya tanpa harus memahami mekanisme internalnya. Dalam OOP, objek menyediakan abstraksi yang menyembunyikan detail implementasi internal. Seperti remote TV, user hanya perlu tahu metode apa dari objek yang tersedia untuk dipanggil dan parameter input apa yang diperlukan untuk memicu operasi tertentu.
- ENCAPSULATION
Dalam Object-Oriented Programming (OOP), encapsulation adalah konsep di mana data (atribut) dan perilaku (metode) dari suatu objek dibungkus atau disatukan dalam satu unit (kelas). Encapsulation juga mengontrol akses terhadap data tersebut dengan cara membatasi akses langsung dari luar kelas dan hanya memungkinkan akses melalui metode yang sudah ditentukan (getter dan setter).
- INHERITANCE
Inheritance dalam pemorgaman, khususnya dalam object oriented programming, adalah suatu mekanisme di mana suatu class dapat mewarisi sifat, metode, dan atribut dari class lain.
Inheritance memungkinkan pembentukan class baru yang dikenal sebagai kelas turunan (subclass) atau kelas anak (child class), untuk mengadopsi atribut dan perilaku class yang sudah ada, disebut kelas induk (parent class) atau kelas dasar (base class).
- POLYMORPHISM
- OVERLOADING
Komentar
Posting Komentar